Monday 4 December 2017

  |  No comments  |  

Pantangan dan mitos seputar makanan ibu menyusui

Selamat nenen Pejuang ASI yang tak kenal lelah dengan segala multitaskingnya 24 jam nonstop.

Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui, pasti banyak banget pantangan-pantangan dari orang tua kita yang rasa-rasanya pengen banget kita terjang semuanya.

Mulai dari tidak boleh makan yang panas-panas takut lidah bayi memutih, tidak boleh pedas-pedas takut bayi mencret, tidak boleh yang dingin-dingin takut bayi pilek.

Sehingga banyak sekali pertanyaan yang muncul di benak, semacam ketakutan, ah nanti kalau makan ini jangan-jangan begini, jangan-jangan begitu, adanya grup ini menampung pertanyaan-pertanyaan seperti, ituh!:

Bunda, Busui boleh makan durian ga?
Bunda, Busui boleh makan kelengkeng ga?
Bunda, Busui boleh makan mi instan ga?
Bunda, Busui boleh makan rambutan ga?
Bunda, Busui boleh minum kopi ga?
Bunda, Busui boleh makan beling ga? Jaran kepang buuuuuk?

Padahal, Ibu menyusui itu bukan orang sakit yang harus menghindari makanan-makanan tertentu, Ibu menyusui yang sehat itu normal kok, jadi apa aja boleh dimakan, faktanya ibu menyusui gampang banget lapar, asupan yang masuk harus sesuai, tidak dalam porsi berlebihan ga sampe kelaparan juga, seperti makan durian atau buah-buahan lainnya dalam jumlah yang tidak normal, laper apa rakus buuuk? Begitu juga dengan kopi atau mi instan, buat selingan ajah, hukumnya ga sampe haram kok, makruh aja, hihihi. Siapkan makanan dan minuman terbaik karna makanan dan minuman tersebut akan menjadi sari makanan berupa ASI yang kita berikan untuk buah hati kita, lagi pula gentong ASI itu canggih banget, pabrik susu terbaik bikinan Tuhan, ia hanya ambil zat-zat yang baik dalam memproduksi ASI dan jangan lupa amati kondisi tubuh kita sendiri dan anak yang kita susui yah.. Kalau habis minum kopi ternyata jantung kita berdebar-debar kayak pertama kali ketemu bapaknya anak-anak ya jangan diterusin, atau efeknya bayi jadi susah tidur ya mending puasa dulu deh sama kopi, kebanyakan durian akhirnya mabok, nah ini juga jangan diterusin. Bagi yang punya otot kawat balung wesi sumsum gegana, dengkul paron, daging kencana, kulit tembaga sehingga kapal selam, rondo royal, sego kucing, bakso rudal, kacang atom, kuping gajah, rawon setan, ceker setan dan lain sebagainya bisa masuk tanpa efek samping ya terjang aja buuuuk.

Trus mitosnya gimana doooong? Ntar dikirain ga nurut sama ortu? Ntar kualat?

Ya udah ambil aja positifnya bray, bagaimanapun kita tetep wajib harus kudu hormat sama orang tua atau mertua, mereka ga salah kok, cuma mereka itu emang suka main filosofi, anggap aja kita lagi ngadepin filosof, ga boleh makan pedes-pedes karna takut ntar ibunya perutnya sakit kebanyakan sambelado, ga boleh minum es takut ibunya pilek, kalau ibunya pilek si bayi rawan banget tertular, ga boleh makan rambutan atau buah-buahan kuatir kitanya kurang kenyang, maklum orang Indonesia kalau belum nasi artinya belum makan, so.. Kita tetep makan dan minum sesuka kita tapi mitos-mitos tersebut ditolak dengan cara yang anggun kepada ortu/mertua, lagi pula makan dan minum yang sesuai dengan keinginan kita itu juga termasuk booster ASI terbaik ketimbang tiap hari nyemil daun katuk dan melati atau konsumsi suplemen pelancar ASI.

Happy breastfeeding mommy-mommy,
Salam nenen..

0 comments:

Post a Comment

Monggo Pesan dan Kesannya